Pertemuan Rutin Forum Bank Sampah Kota Yogyakarta 2022

Pada hari Senin 15 Agustus 2022 diselenggarakan Rapat Koordinasi Forum Bank Sampah Kota Yogyakarta di Ruang Rapat Kalpataru Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta, diikuti oleh pengurus Forum Bank Sampah Kota Yogyakarta yang terdiri dari Pembina, Sekretaris, Bendahara, Koordinator Pokja, dan sekretariat. Acara dibuka oleh Drs. Sugeng Darmanto selaku Pembina Forum Bank Sampah Kota Yogyakarta, dilanjutkan dengan diskusi bersama

Dalam rapat koordinasi tersebut membahas rencana kegiatan Forum Bank Sampah Kota Yogyakarta yang akan dijalankan kedepannya, yaitu :
1.    Galeri Daur Ulang Bank Sampah & Platform Digital
Galeri ini direncanakan bertempat di DLH Kota Yogyakarta, bertujuan untuk mendisplay dan menyimpan (stokies) produk-produk daur ulang sampah. Adapun lokasi yang akan dikadikan tempat display tersebar di beberapa titik, antara lain : lantai 1, lantai 2, dan lantai 4. Produk-produk daur ulang yang akan didisplay mengikuti minat pasar. Kemudian direncanakan juga dengan pembuatan platform digital sebagai sarana untuk menjual produk-produk daur ulang sampah.
2.    Klinik Bank Sampah
Klinik Bank Sampah ini nantinya akan bertempat di Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta, klinik ini bertujuan untuk memberikan layanan kepada Bank Sampah yang memerlukan penanganan khusus dikarenakan kondisi Bank Sampah yang kurang “sehat”. Alur pelayanan Klinik Bank Sampah ini bersifat berjenjang, dari Forum Bank Sampah (FBS) Kelurahan yang menyampaikan ke FBS Kemantren, kemudian FBS Kemantren melakukan identifikasi kemudian baru ke FBS Kota Yogyakarta. Klinik ini dikoordinatori oleh pokja pemberdayaan dan sekretariat.
3.    Gerakan Biopori Skala Rumah Tangga
Direncanakan adanya Gerakan biopori skala rumah tangga sebagai upaya pengolahan sampah organik, nantinya Bank Sampah mendapat 10 paket biopori yang terdiri dari bor biopori, casing, tutup.
4.    Program Edukasi Bank Sampah
Program ini akan dikoordinatori oleh Pokja Edukasi, dalam bentuk Pelatihan Biopori untuk kader Bank Sampah serta Forum Group Discussion dan Workshop dengan mengangkat isu yang terjadi di Bank Sampah.
Harapan nya dengan adanya Rapat koordinasi ini diharapkan seluruh Kegiatan dan Program Kerja Forum Bank Sampah Kota Yogyakarta dapat berjalan dengan lancar.